--> Skip to main content

Menulis untuk Masa Depan


Masa-masa sulit sedang saya alami entah sampai kapan ini akan berakhir. Pandemi Covid 19 membuat mata saya terbuka lebar. Bisnis yang paling cocok untuk saya lakukan adalah bisnis yang cukup dilakukan dari rumah atau Work From Home(WFH). Tanpa saya harus keluar dari rumah dan tanpa harus mengandalkan kekuatan otot.

Apalagi usia yang semakin bertambah sehingga stamina semakin menurun tidak sekuat seperti waktu masih remaja dulu. jika saya mengandalkan kekuatan fisik untuk mencari uang saya akan menemui banyak kesulitan. Saya mulai memikirkan bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan uang meski dari rumah.

Internet Marketer

Mungkin ini pekerjaan saya yang paling pas untuk saat ini dan seterusnya. Internet marketer bahasa kasarnya kuli internet tapi kuli yang ini beda dibandingkan kuli didunia nyata yang lebih mengandalkan kekuatan otot. Kuli internet lebih mengandalkan kerja otak.

Internet Marketer adalah pekerjaan yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produk atau jasa. Website, email, media sosial, youTube adalah contoh dari media Internet yang bisa digunakan untuk mencari penghasilan.

Baca Juga : Strategi Storytelling untuk penjulan secara online

Sebenarnya saya sudah mulai terjun kedunia internet marketing sejak 9 tahun yang lalu. Diawali dengan membuat sebuah blog gratisan. Dari sini saya mulai belajar bagaimana mendapatkan uang dari internet melalui Blog. Berkutat dengan blog membuat saya sadar, menulis bisa menghasilkan uang. Sayapun jadi rajin menulis diblog-blog saya.

Dengan menulis saya bisa menginspirasi banyak orang atau membangkitkan daya imajinasi. Dari tulisan saya bisa mendatangkan pengunjung (Audience) keblog saya dan itu bisa mendatangkan uang dari iklan yang saya pasang diblog saya. Dengan tulisan saya juga bisa mempengaruhi orang untuk membeli produk yang saya review. Dari tulisan juga saya dibayar orang untuk menulis review produk.

Saya semakin yakin kalau menulis bisa dijadikan pekerjaan untuk masa depan yang lebih baik. 

Setidaknya ada 3 karir yang bisa saya tekuni dari menulis ini :

1.Content Writer

Karir ini peluangnya cukup bagus karena internet marketing sepertinya sudah menjadi bagian pemasaran dari brand-brand besar. Hal ini wajar saja karena biaya untuk  melakukan internet marketng lebih  murah dibandingkan dengan cara konvensional.

Tugas seorang Content Writer adalah menulis artikel untuk kebutuhan website atau media sosial. Tulisan yang dihasilkan dari seorang  content writer harus kreatif sehingga mampu menginspirasi, memberikan imajinasi serta daya kritis. Jadi bukan sekedar tulisan.

Tentunya Perusahaan tidak mau dong gara-gara tulisan yang jelek akhirnya produknya mendapat tanggapan negatif dari konsumen. Itulah mengapa jika ingin terjun menjadi seorang content writer harus menguasai sistem penulisan yang baik.

2.Copywriter

Pada dasarnya Copywriter itu content writer juga hanya saja cakupannya lebih mengerucut, copy writer tujuan utamanya menghasilkan interaksi dari konsumen sebanyak-banyaknya atau istilahnya Call to Action.

Seorang Copywriter harus mampu menyusun teks untuk tujuan marketing yang bisa mempengaruhi target konsumen. Copywriter juga dituntut untuk menciptakan headline atau sub headline untuk tag line iklan, brosur atau poster.

3.Blogger

Profesi blogger bisa jadi belum begitu familiar dimasyarakat bahkan mungkin ada yang tidak percaya kalau dari blog bisa menghasilkan uang. Blogger bisa menjadi sebuah langkah awal menjadi content writer atau copywriter.

Blogger kesannya bebas jadi semua tergantung dari pribadi blogger, kalau rajin menulis hasilnya juga akan terlihat begitu sebaliknya. Blogger pemula kebanyakan memilih platform blog gratisan seperti blogspot atu wordpress tetapi blogger profesional kebanyakan menggunakan platform Wordpress berbayar.

Saat ini saya sudah menekuni Content Writer dan Blogger dan terbukti sudah menghasilkan uang namun sifatnya hanya pekerjaan sampingan. Dengan adanya Pandemi ini saya bertekad untuk menjadikan Content Writer dan Blogger sebagai pekerjaan utama.

Saya harus mulai membuat target-target kecil dan harapannya targetnya semakin besar. Misalnya saya harus menulis 1 buah artikel tiap hari jika sudah terbiasa ditingkatkan lagi menjadi 2 artikel dan seterusnya.

Saya juga harus meningkatkan kemampuan menulis saya dengan menempuh berbagai cara seperti membaca buku atau ikut kelas menulis.

Alhamdulillah saya berhasil menyelesaikan kelas menulis di Skill Academy sehingga kemampuan menulis saya bisa bertambah walaupun harus banyak praktek tidak sekedar teori.

Satu Hal yang wajib saya lakukan yaitu bekerja keras dengan menerapkan sikap disiplin, komitmen dan konsisten.

Pesan yang ingin saya sampaikan pada artikel ini adalah Menulis bisa dijadikan pekerjaan utama dan saya sedang mencoba mewujudkannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar