--> Skip to main content

Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance Handal

Penulis Artikel


BISNISME – Ayo menulis dan dapatkan uang! Jika Anda pernah mendengar pernyataan ini itu benar adanya. Saya sudah membuktikannya sendiri, dengan menulis saya bisa mendapatkan uang jutaan rupiah. Bahkan saat artikel ini ditulis saya masih terus menulis dan mendapatkan uang.

Media tempat saya menulis adalah blog, saya memiliki beberapa blog yang hingga saat ini terus saya update walaupun artikel yang saya publikasikan keblog setiap bulannya sedikit. Dengan menulis artikel diblog saya bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dan Content Placement.

Ada satu lagi cara mendapatkan uang dengan menulis yaitu menjadi penulis artikel freelance. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjadi penulis artikel freelance? Apa kelebihan dan kekurangannya? Nah topik ini menarik untuk dibahas karena saya sendiri tertarik untuk menjadi penulis artikel freelance.

Menurut saya ini bisa menjadi tantangan bagi saya karena dari informasi yang saya dapatkan dari kelas menulis yang saya ikuti, menyarankan agar jangan takut tekanan karena dengan tekanan tersebut kemampuan menulis saya akan terasah sehingga semakin tajam.

Selama ini saya menulis tidak ada tekanan sedikitpun walaupun terkadang saya menerima Job menulis artikel Placement dan dikasih deadline tapi saya bisa menyelesaikan dengan baik karena memang tidak ada tekanan yang berarti. 1 artikel diberi deadline 2 hari tentunya masih belum terasa tekanannya.

Berbeda jika saya memilih menjadi penulis artikel freelance meskipun saya tidak terikat dengan perusahaan manapun namun jika saya sudah mendapatkan job menulis maka saya harus menyelesaikan dengan tepat waktu atau sesuai deadline yang ditetapkan.

Dengan semakin berkembangnya digital marketing maka kebutuhan artikel masih cukup tinggi apalagi fungsi artikel cukup penting baik untuk website informasi atau website pemasaran/konten marketing. Apalagi website informasi selalu butuh update artikel yang fresh dan up to date.

Pendapatan seorang penulis freelance berbanding lurus dengan jumlah artikel yang dipesan klien. Sebagai contoh tarif artikel Rp.20 per kata jika penulis freelance mendapatkan pesanan artikel 500 kata maka fee yang diperoleh Rp.10.000. Dengan penghasilan sebesar itu tentunya seorang penulis artikel freelance harus mampu membuat artikel dalam jumlah yang banyak per harinya. 

Nah disinilah kemampuan seorang penulis artikel freelance diuji semakin mahir menulis tentunya semakin cepat menulis dan menjadi seorang penulis artikel freelance handal.

Baca Juga : Menulis untuk Masa Depan 

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis artikel freelance handal, Beberapa cara yang perlu Anda lakukan :

1.Kuasai Tata Bahasa

Tata bahasa sangat mempengaruhi kualitas artikel karena artikel Anda akan dibaca oleh banyak orang. Dengan menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan EYD maka artikel Anda akan semakin mudah dipahami. Usahakan selalu merujuk ke KBBI pada pemilihan kata jangan sampai kata yang Anda gunakan tidak baku. Hindari juga Typo karena akan mempengaruhi kredibilitas Anda sebagai seorang penulis artikel. Pemilihan kata juga penting, Pilihlah kata yang mudah dipahami dan lebih ringkas. Kalau dengan 1 kata sudah cukup buat apa memilih 2 kata? Contoh  “Tidak Paham” bisa diganti “Bingung”

2.Kuasai sistem penulisan

Artikel yang bagus bukanlah sebuah tulisan yang asal tulis namun harus sesuai dengan sistem penulisan sehingga artikelnya berbobot. Usahakan sebelum menulis kumpulkan bahan sebanyak-banyaknya sehingga artikel yang Anda tulis semakin lengkap. Pahami juga jenis-jenis tulisan seperti eksposisi, Narasi, Persuasi atau deskripsi. Penulis wajib memahami komponen atau struktur tulisan sehingga artikel yang anda tulis lebih sistemastis.

3.Asah kemampuan menulis.

Menulis merupakan ketrampilan sehingga harus selalu diasah kemampuannya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti membaca buku kepenulisan, ikut kelas menulis atau ikut webminar. Jika Anda ikut kelas pelatihan dilembaga yang kredibel dan mendapatkan sertifikat akan menjadi nilai lebih bagi Anda dimata klien. Contohnya saya mengambil kelas di Skill Academy dengan mentor yang ahli dibidangnya.

Masih Ada 7 cara lagi namun pada artikel kali ini saya cukupkan sampai disini dulu, kelanjutannya akan saya tuliskan diartikel berikutnya. Tunggu saja ya!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar