--> Skip to main content

Cara Menjadi Penulis Artikel Freelance Handal Bagian 2

Penulis Artikel
BISNISME – Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel saya sebelumnya, jadi jika Anda belum baca silahkan baca dulu ya.  Seperti yang sudah saya sebutkan diartikel sebelumnya bahwa dengan menulis Anda bisa mendapatkan uang salah satunya dengan cara menjadi penulis artikel freelance.

Jika sehari Anda mampu menulis 10 artikel 500 kata maka Anda akan mendapatkan penghasilan setidaknya Rp.100.000. Apalagi jika kualitas tulisan Anda sudah bagus dimata klien harga akan naik karena penulis artikel juga ada tingkatannya (Grade).

Itulah mengapa jika memang Anda berniat menjadi penulis freelance handal, sejak dini Anda harus melatih agar kualitas tulisan Anda akan semakin baik.

Baca Juga : Main Internet Dapat Uang? Ini pengalaman saya 

Oke langsung saja berikut kelanjutan dari Cara menjadi Penulis Artikel Freelance Handal selengkapnya : 

4.Kuasai genre tulisan sebanyak-banyaknya

Diinternet terdapat banyak website atau blog dengan topik atau niche yang bermacam-macam ada yang membahas bisnis, teknologi, kesehatan, pendidikan, elektronika, traveling, blogging dan masih banyak lagi. Tentunya Anda tidak mau dong ketika ada klien yang memesan artikel lalu Anda menolak dengan alasan Anda tidak menguasi topiknya.

Kuasai berbagai topik artikel dan perlu Anda catat menguasai topik tertentu bukan berarti anda harus ahli dibidang tersebut cukup memahaminya itu sudah cukup salah satu caranya dengan banyak membaca buku atau menonton video.

Meskipun demikian Anda perlu juga ahli didalam satu atau dua bidang yang nantinya bisa Anda jadikan topik andalan yang akan Anda tawarkan diklien. Keahlian ini bisa Anda dapatkan dari pendidikan, kursus atau hobi. 

5.Baca artikel penulis lain

Otak itu akan menyimpan informasi dari segala sesuatu yang Anda baca makanya sering-seringlah Anda membaca artikel penulis lain. Dari sanalah Anda akan semakin mengetahui jenis-jenis tulisan yang menarik, sudut pandang tulisan serta gaya penulisan penulis lain. Tentu bukan untuk ditiru tapi tapi dijadikan referensi. Gaya penulisan merupakan ciri khas dari setiap penulis jadi Anda juga harus punya gaya penulisan sendiri.

6.Rajin Menulis

Kemampuan menulis akan semakin meningkat jika rajin menulis sebagai contoh jika tadinya seminggu cuma bisa menulis 1 artikel lama-lama bisa menulis 3 artikel. Buatlah target-target kecil setiap hari mulai dari yang termudah kemudian ditingkatkan terus misalnya sehari harus bisa menulis artikel 200 kata setelah terbiasa tingkatkan lagi jumlah katanya.

7.Jangan merasa sempurna

Merasa tulisannya sudah sempurna itu tidak baik karena justru akan membuat Anda terlena sehingga tidak berusaha meningkatkan kemampuan menulis padahal bisa saja sistem penulisan sudah berkembang sehingga sistem penulisannya perlu diperbaharui.

Asah terus kemampuan menulis dengan membaca buku, ikut kelas menulis, webminar atau kompetisi menulis. Cari hal-hal baru yang bisa membuat artikel Anda out of the box sehingga tidak terkesan monoton.

8.Terbuka Menerima Kritik

Terbukalah menerima kritik dari siapapaun entah dari penulis pemula atau penulis senior. Anggap semua kritik itu membangun yang akan membuat Anda terpacu untuk menjadi yang lebih baik. Jangan  malu untuk meminta pendapat kepada orang lain tentang artikel Anda.

Dengan seringnya menerima kritik akan membuat Anda tidak mudah merasa puas dengan tulisan Anda saat ini.

9.Bagikan Artikel Anda

Tak ada salahnya Anda bagikan artikel Anda, apalagi sekarang ini sangat mudah melakukannya bisa melalui facebook, twitter atau WhatsApp. Lihat bagaimana interaksi pembaca misalnya jumlah like, komentar atau yang membagikan. Dari situ Anda bisa tahu apakan Artikel yang Anda bagikan bisa menginsiprasi, memberikan imajinasi membuat pembaca berpikir kritis.

Nantinya hasil interaksinya bisa dijadikan patokan untuk membuat artikel selanjutnya sehingga artikelnya lebih menarik.

10.Bergabung dengan komunitas Penulis

Cara meningkatkan kemampuan menulis yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergabung dikomunitas penulis misalnya digrup facebook, WA atau telegram. Disana Anda bisa sharing artikel, meminta kritik atau saran. Melalui grup juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan job menulis artikel. Semakin banyak Anggota tentunya semakin baik karena banyak informasi yang akan Anda dapatkan.

Demikianlah informasi keseluruhan seputar cara menjadi penulis artikel handal Semoga bermanfaat!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar